Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memulai Bisnis Makanan Dengan Modal Kecil


Cara Memulai Bisnis Makanan dengan Modal Kecil - Memulai bisnis memasak atau makanan adalah bidang keuangan yang paling cocok. Semua orang perlu makan. Belum lagi banyak orang Indonesia yang suka memasak. Layanan pesan-antar makanan juga sedang booming. Oleh karena itu, memulai bisnis memasak sama dengan meraih kesuksesan finansial.
Tapi jangan salah. Meski terlihat menjanjikan, kemungkinan perusahaan makanan bangkrut juga sangat tinggi. Sebanyak 60% bisnis kuliner bubar di tahun pertama. Kemudian, 80% tidak akan bertahan sampai tahun kelima.
Untuk menghindari mengikuti jejak pecundang, ada baiknya mempersiapkan diri dengan matang sebelum memulai bisnis memasak. Berikut ini kami akan membantu Anda memberikan 12 tips dan cara memulai bisnis kuliner:

Bagaimana memulai bisnis memasak yang menjanjikan

Masih banyak orang yang secara tidak sengaja memulai bisnisnya sendiri. Tidak ada rencana. Tidak ada perhitungan. Bagaimanapun, mari kita pergi. Masalahnya adalah cara berbisnis ini bisa dengan mudah gagal. Saya tidak tahu apakah itu kesalahan manajemen. Lebih penting lagi, karena pasar tidak memiliki permintaan untuk bisnis memasak.
Untuk menghindari hal serupa, Anda perlu merencanakan bisnis Anda dengan matang. Mulai dari konsep, produk, target konsumen, SDM, promosi, dll. Untuk informasi lebih lengkap, silakan ikuti cara memulai bisnis memasak di bawah ini.

1. Pahami keunikan produk bisnis makanan Anda

Kemungkinan besar Anda sudah tahu apa yang harus dijual. Mungkin mie ayam, soto, nasi goreng atau bekal makan siang dan makanan besar lainnya? Minuman seperti kopi susu, teh Thailand atau jamu kemasan? Apakah itu bahkan camilan?
Apapun itu, jangan berhenti berpikir. Anda harus terus mencari unique selling point (USP) yang ingin Anda jual. Karena tanpa keunikan produk, bisnis masakan Anda akan mudah kalah bersaing dengan kompetitor. 
Agar bisa menemukan unique selling point, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
• Tuliskan semua fitur dan keunggulan produk yang Anda jual. Fokus pada keunggulan produk yang Anda miliki. Misalnya enak, murah, isi, dll.
• Tuliskan keunggulan produk yang memenuhi kebutuhan pelanggan. Posisikan diri Anda sebagai pembeli. Lalu jawab pertanyaannya, mengapa saya harus membeli produk ini? Beberapa kemungkinan jawaban adalah pengemasan yang baik, pelayanan yang cepat, murah, dll.
• Menulis tentang produk yang bukan bagian dari pesaing. Untuk itu, Anda perlu melihat bisnis kuliner yang dimiliki kompetitor. Coba cari tahu kelemahan produk atau apa yang tidak dilakukan pesaing. Kemudian, gunakan untuk meningkatkan produk Anda sendiri.
Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, saya harap Anda telah menemukan keunikan produk Anda. Namun, bukan berarti usaha Anda berhenti sampai di sini. Anda tetap perlu mencari cara untuk memperkenalkan keunikan produk tersebut.
Cara termudah adalah dengan menggunakan kata kunci dari langkah sebelumnya. Kemudian, gunakan kata kunci tersebut dalam kalimat yang singkat, padat, dan jelas. Jika Anda bingung, Anda bisa mengambil contoh dari perusahaan makanan ini:
• Starbucks memilih minuman kopi premium;
• Cokelat M&Ms meleleh di mulut Anda, bukan di tangan Anda;
• Pizza Domino Pizza gratis jika tidak tiba dalam waktu 30 menit.
Kira-kira beginilah cara menemukan dan menampilkan keunikan nilai jual suatu produk.

2. Ketahui target pasarnya

Untuk memulai bisnis kuliner, Anda juga harus memahami target pasar yang diharapkan. Dengan cara ini, Anda akan tahu persis apa yang harus dilakukan dan membuat industri memasak menjadi hidup. Mulai dari desain produk hingga metode promosi.
Untuk memahami target pasar dengan benar, Anda dapat melakukan hal berikut:
• Perkirakan siapa yang paling membutuhkan produk Anda. Tidak ada formula yang jelas untuk melakukan ini. mungkin. Misalnya, jika Anda menjual produk kopi susu, siapa target pasar yang paling strategis? murid? pekerja kantor? Pekerja lepas?
• Investigasi komersial yang dimiliki oleh pesaing. Beralih ke bisnis memasak pesaing. Cobalah beberapa produk mereka. Lalu coba buat perkiraan, siapa target pasarnya? Apa yang disukai pelanggan tentang produk pesaing? Apa yang bisa ditiru dan dikembangkan kembali?
• Perhatikan ulasan pelanggan dari bisnis pesaing. Untuk melengkapi pemahaman Anda tentang target pasar Anda, pahami bagaimana orang menilai bisnis pesaing Anda. 
• Bicaralah dengan (calon) pelanggan. Cara paling efektif untuk menentukan target pasar adalah berbicara langsung dengan calon pelanggan. Untuk itu, coba gali wawasan tentang bisnis memasak dari teman atau kolega terdekat Anda. Berapa harga wajar untuk sebagian produk yang dijual? Apakah ada varian produk yang ingin kamu coba?
• Buat persona pembeli. Persona pembeli adalah deskripsi ideal dari target pasar yang Anda targetkan. Deskripsi ini didasarkan pada penelitian dan informasi yang dikumpulkan sebelumnya. Dengan peran pembeli, Anda dapat mengembangkan produk yang sesuai dan mempromosikan produk dengan cara yang lebih tepat sasaran.
Untuk lebih memahami target pasar, Anda bisa melanjutkan membaca artikel → Pahami pentingnya target pasar bagi bisnis Anda!
Di sana, Anda akan mendapatkan gambaran lengkap tentang faktor-faktor yang menentukan target pasar, contoh target pasar, dan langkah bisnis setelah memahami target pasar.

3. Buat filosofi bisnis

Setelah komitmen jangka panjang pada ide bisnis kuliner, saatnya untuk membuat ide lebih konkret. Caranya adalah dengan menyuntikkannya ke dalam konsep bisnis, yaitu rencana bisnis.
Meski judulnya hanya “rencana”, bukan berarti konsep bisnisnya asal-asalan. Selain menjadi panduan dalam menjalankan bisnis, konsep ini juga dapat membantu investor untuk melihat sekilas perilaku Anda dan mendapatkan suntikan modal. Karena itu, Anda perlu mengambil rencana bisnis yang lebih serius.

4. Desain Produk

Desain produk adalah langkah yang tidak boleh Anda anggap enteng. Kami percaya bahwa Anda adalah yang terbaik dalam hal desain produk. Anda mungkin memiliki resep yang diturunkan dari keluarga Anda, dan itu akan menjadi mainstream. Lebih penting lagi, Anda pintar membuat masakan yang unik dan modern. Untuk itu, kami mempercayakan desain produk sepenuhnya kepada Anda.
Namun, agar Anda dapat melakukannya dengan lebih efisien, kami ingin membagikan beberapa tips. Tips ini tidak dimaksudkan untuk menggurui.


Posting Komentar untuk "Cara Memulai Bisnis Makanan Dengan Modal Kecil"