Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Iklan Bisnis Online Yang Wajib Anda Ketahui

Contoh iklan online sebenarnya dapat ditemukan di berbagai media, seperti radio, televisi, surat kabar, dan baliho.

Seperti yang kita ketahui bersama, iklan merupakan media yang paling efektif untuk menyampaikan informasi promosi, dan ada banyak jenisnya, termasuk bisnis online.

Dengan banyaknya media yang tersedia saat ini, penempatan iklan bisa lebih beragam.

Apa jenis iklan terbaik yang digunakan oleh bisnis online saat ini? Ini adalah diskusi yang lengkap.


Contoh jenis iklan online yang dapat digunakan

Melalui berbagai jenis iklan komersial online, Anda tentu dapat memperluas jaringan komersial yang ada.

Dengan media sosial, semua orang dapat melakukan kampanye iklan. Dengan anggaran yang sangat rendah, Anda sudah dapat menayangkan iklan ke ribuan pengguna.

Berikut adalah beberapa contoh iklan komersial online yang menarik dan paling cocok yang dapat meningkatkan keuntungan bisnis Anda.


Pencarian berbayar

Sejak mesin pencari online ditemukan beberapa tahun yang lalu, Anda dapat menemukan apapun secara online. Dari peralatan rumah tangga hingga jurnal ilmiah yang kompleks.

Tak heran jika keberadaan mesin pencari seperti Google mengubah perilaku konsumen.

Salah satunya adalah kebiasaan konsumen mencari informasi produk tertentu di Google sebelum membeli. Situasi inilah yang disebut Google sebagai momen kritis nol atau ZMOT.

Menurut penelitian yang dilakukan, sekitar 84% konsumen telah mencari produk di Google sebelum memutuskan untuk membeli.

Tentu saja, Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk menunjukkan contoh iklan bertema bisnis online Anda melalui hasil pencarian ini.

Pencarian berbayar sebenarnya bisa ditemukan di semua mesin pencari, seperti Google, Yahoo, atau Bing.

Namun mengingat banyaknya pengguna, kali ini kita hanya akan membahas contoh iklan komersial online berupa Google paid search.

Seperti yang Anda ketahui, Google menyediakan layanan pencarian berbayar berupa Google Ads yang dulunya bernama Google AdWords.

Menariknya, Google mengganti nama Google AdWords menjadi Google Ads dengan mempertahankan beberapa fitur tetap yang dilengkapi dengan fitur baru, seperti kampanye pintar.

Contoh iklan komersial online dalam bentuk Google Ads ini pada dasarnya menyediakan cara untuk beriklan melalui hasil pencarian, iklan YouTube, iklan bergambar, dan iklan di aplikasi seluler.

Namun, fokus pencarian berbayar ini adalah pada kata kunci. Saat mencari kata kunci yang terkait dengan produk tertentu, konsumen dapat menemukan hasil pencarian yang ditandai sebagai iklan online Anda.

Nah, hasil pencarian dengan tag iklan disebut pencarian berbayar. Untuk melakukan ini, Anda perlu menggunakan contoh terbaik dari iklan komersial online di mesin pencari.


Sosial berbayar

Contoh iklan komersial online berikutnya adalah jejaring sosial berbayar. Seperti yang kita ketahui bersama, Anda tidak hanya dapat menggunakan Google sebagai media promosi komersial, tetapi juga membuat iklan melalui media sosial.

Baik itu Instagram, Facebook, atau Twitter, semua media sosial ini dapat digunakan untuk menarik lebih banyak pelanggan ke bisnis Anda.

Pasalnya, media sosial merupakan tempat paling strategis untuk menempatkan iklan online di dunia maya.

Mulai dari usia, tingkat pendidikan, lokasi, jenis kelamin, pendapatan, hingga hobi, semuanya bisa dikelompokkan untuk menemukan target konsumen yang paling potensial.


Pemasaran ulang

Google tidak hanya menyediakan pencarian berbayar, tetapi juga menyediakan layanan pemasaran ulang sebagai contoh iklan komersial online saat ini.

Pemasaran ulang Google AdWords berfungsi untuk menampilkan iklan kepada pengguna yang telah mengunjungi situs web atau aplikasi bisnis Anda.

Ketika orang-orang ini meninggalkan situs web Anda, apakah mereka melakukan pembelian atau tidak, mereka masih akan melihat beberapa iklan komersial Anda ketika mereka mengunjungi situs web lain.

Bahkan, iklan tersebut juga muncul saat mereka menonton video di YouTube.

Padahal, tujuan utama pemasaran ulang adalah untuk mempertahankan niat beli calon konsumen atau keinginan untuk membeli produk atau jasa.

Oleh karena itu, slogan yang disusun untuk pemasaran ulang juga harus disesuaikan. Tujuan terbesarnya adalah untuk menghidupkan kembali minat beli pelanggan.


Email marketing

Contoh iklan komersial online berikutnya adalah pemasaran email. Jelas, email dapat digunakan tidak hanya sebagai alat komunikasi pribadi, tetapi juga sebagai alat pemasaran yang cukup efektif.

Sebenarnya, pemasaran email semacam ini mengirimkan informasi komersial melalui email, seperti promosi atau buletin.

Melalui email marketing, perusahaan online dapat mempromosikan produknya lebih tepat sasaran.

Sesuaikan isi email yang akan dikirim sesuai dengan jenis target konsumen. Bedakan pembeli potensial dari pelanggan tetap, prospektor, dan lainnya.


Pemasaran video

Jika ditelisik lebih jauh, video marketing merupakan salah satu contoh iklan komersial online dan patut dicoba untuk semua jenis bisnis.

Menurut penelitian, sebanyak 92% dari semua ukuran menunjukkan bahwa video penting untuk pemasaran konten.

Jadi jangan heran jika kebanyakan perusahaan menghasilkan 11 hingga 50 video pemasaran video per tahun.

Menariknya, perusahaan-perusahaan ini juga menyatakan bahwa pemasaran video dianggap lebih efektif daripada konten lain untuk meningkatkan tingkat konversi.

Bagi yang ingin melihat lebih jelas lagi contoh kalimat yang menawarkan produk online di video marketing, ada banyak contohnya di youtube.


Perbedaan dalam mencapai tujuan iklan komersial online di media sosial

Beberapa media sosial populer yang dapat dijadikan contoh iklan komersial online adalah iklan Instagram, iklan Facebook, dan iklan Twitter.

Tentu saja, masing-masing media ini memiliki beberapa perbedaan mencolok. Salah satunya adalah tujuan yang bisa dicapai oleh setiap media sosial.


Instagram dan Facebook

Instagram dan Facebook memberikan tiga tujuan yang hampir identik karena semuanya berada di bawah payung perusahaan. Sertakan yang berikut ini:

• Tujuan kesadaran

Tujuan pertama adalah visibilitas, yang disebut tujuan membangun atau memperluas pengaruh merek bisnis online Anda.

• Pertimbangkan tujuan

Selain itu, ada beberapa pertimbangan tujuan atau tindakan yang dapat mendatangkan lalu lintas ke situs web, meningkatkan pemasangan aplikasi, keterlibatan, dan generasi pelanggan potensial untuk mendorong pemirsa menghubungi perusahaan Anda melalui messenger.

• Sasaran konversi

Bagian terakhir adalah membuat konversi online atau mendorong pemirsa untuk mengunjungi toko fisik perusahaan Anda (jika ada).

Ini adalah beberapa contoh iklan online yang bisa Anda mulai terapkan untuk meningkatkan keuntungan.

Tentu saja Anda bisa menggunakan salah satu atau beberapa contoh di atas, dan tentunya harus Anda sesuaikan dengan budget perusahaan.

Jangan lupa untuk fokus pada target audiens yang ingin Anda jangkau. Karena setiap contoh iklan online memiliki karakteristik setiap audiens.

Posting Komentar untuk "Contoh Iklan Bisnis Online Yang Wajib Anda Ketahui"